Pulau Kelapa 2 Akan Dijadikan Pusat Wisata Perikanan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu, berencana akan menjadikan Pulau Kelapa 2, Kelurahan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu, berencana akan menjadikan Pulau Kelapa 2, Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, menjadi pusat wisata perikanan.

" Dengan hasil panen kerapu yang cukup besar ini, kita akan coba mendorong Pulau Kelapa 2 menjadi sentra atau pusat wisata perikan di Pulau Seribu"

"Dengan hasil panen kerapu yang cukup besar ini, kita akan coba mendorong Pulau Kelapa 2 menjadi sentra atau pusat wisata perikan di Pulau Seribu," ujar Ismer Harahap, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kepulauan Seribu, Jumat (18/11/2016).

Ismer mengakatan, hasil panen ikan kerapu baik kerapu cantang maupun kerapau macan di Pulau Kelapa 2 cukup menyenangkan dan menggiurkan. Ia berharap, dengan hasil panen besar tersebut bisa menarik wisatawan untuk berkunjung ke Pulau Kelapa 2.

"Kunjungan wisatawan ke Pulau Kelapa 2 bisa mempengaruhi para nelayan budidaya mengembangkan usahanya. Kita akan dorong wisatawan bisa belanja ikan di keramba milik warga," katanya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) Kepulauan Seribu, Sutrisno mengatakan, kedepan kelompok budidaya ikan kerapu di Pulau Kelapa 2 diharapkan bisa mengembangkan tidak hanya dari segi budidayanya saja, akan tetapi dari segi pariwisata pun bisa dikembangkan.

"Ada beberapa pilihan untuk mengembangkan pariwisata diantaranya pengunjung bisa langsung aktivitas kegiatan seperti memberi pakan di keramba ikan kerapu sekaligus bisa membeli ikan kerapunya," paparnya.

Ismer melanjutkan, Pulau Kelapa 2 akan dikembangkan juga menjadi pusat kuliner ikan kerapu. Berbagai jenis ikan kerapu akan bisa langsung di masak dengan berbagai macam aneka pariasi masakan atau resep.

Kepulauan Seribu sudah berdiri 28 kelompok budidaya ikan kerapu tersebar di Pulau Kelapa 2, Pulau Panggang, Pulau Tidung, Pulau Lancang dan Pulau Pari. Dari segi hasil panen ikan kerapu yang diperoleh terbesar ada di Pulau Kelapa 2.

"Untuk itu kita akan jadikan Pulau Kelapa 2 sebagai pusat wisata perikanan di Pulau Seribu," tandasnya.