Bangunan Liar di Tanah Abang Ditertibkan

Wakil Walikota Jakarta Pusat Bayu Meghantara saat melakukan penertiban bangunan liar di Tanah Abang

Pemerintah Kota Jakarta Pusat melakukan penertiban ratusan gubuk liar di Jalan Tenaga Listrik, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

" Kami sudah menosialisasikannya bahwa ini fasilitas umum, pada dasarnya mereka sadar tinggal mengankat barang-barang mereka saja"

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengatakan, pembongkaran bangunan liar ini dalam rangka mengembalikan fungsi jalan sebagai fasilitas umum. Sebelumnya, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar.

“Kami sudah menosialisasikannya bahwa ini fasilitas umum, pada dasarnya mereka sadar tinggal mengankat barang-barang mereka saja. Dan itu menjadi tangung jawab kita,” ungkapnya di lokasi penertiban, Rabu (11/1).

Pasca penertiban, pengawasan oleh pihak kelurahan dan Kecamatan Tanah Abang diminta diperketat.

Untuk membantu pasca penertiban, pihak Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup Jakarta Pusat, menyiapkan 12 truk untuk mengangkut sisa material bongkaran. Selanjutnya sisa bongkaran ini langsung diangkut ke Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang.

"Kita siapkan 12 truk dalam ukuran sedang untuk mengangkut material. Material yang diangkut mulai dari ban bekas, kayu, kasur semuanya dibawa untuk dibuang ke Bantargebang," tandas Marsigit, Kasudin  Lingkungan Hidup dan Kebersihan Jakarta Pusat.

Pihaknya juga mengerahkan satu alat berat untuk mengangkut material ke dalam truk.  Total material yang diangkut mencapai 1.200 kubik.