• KESRA
  • Petugas P3S dan TRC akan Dioptimalkan

Petugas P3S dan TRC akan Dioptimalkan

Kasudin Sosial Jakarta Selatan Mursidin

Untuk mengurangi jumlah Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di tahun 2017, Suku Dinas sosial Jakarta Selatan akan mengoptimalkan petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) dan Tim Reaksi Cepat (TRC).

"P3S mobile di setiap lampu merah dalam radius dua kilometer dari lampu merah, juga TRC untuk penjangkauan "

Sejauh ini, kerja tim P3S dan TRC di tahun 2016 dinilai memuaskan. Oleh sebab itu akan ditingkatkan kembali di tahun 2017.

"P3S mobile di setiap lampu merah dalam radius dua kilometer dari lampu merah, juga TRC untuk penjangkauan masalah kesejahteraan sosial perumahan, di lingkungan jalan-jalan non protokol akan kita lebih optimalkan,” ujarnya, Senin (16/1).

Ia mengharapkan penanganan PMKS tidak terpaku pada satu instansi saja. Semua pihak harus terlibat untuk menurunkan jumlah PMKS.

"Upaya lain melakukan razia terpadu bersama Satpol PP, TNI maupun Polri supaya dapat diminimalisir penyandang masalah sosial," tandasnya.

Adapun lokasi rawan PMKS di Jakarta Selatan tersebar di 11 titik pada Zona 1 di wilayah jalan protokol seperti, Trakindo, Fatmawati, Kuningan, CSW, Patung Pemuda berbatasan dengan Jakarta Pusat. Zona II, pada jalan-jalan kota itu diprogramkan di Tahun 2017, sedangkan zona III berada dilingkungan permukiman kumuh.

Selama tahun 2016, Sudin Sosial Jakarta Selatan telah menjaring PMKS sebanyak 1.939 dan dikirim ke Panti Kedoya untuk diberikan pembinaan lebih lanjut.