KPU Jaktim Gelar Simulasi Pemungutan Suara

Simulasi Pilgub

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur menyelenggarakan simulasi pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta, di halaman kantor Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, Selasa (31/1).

"Tidak ada kendala dalam simulasi ini "

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB tersebut, dihadiri Camat Pasar Rebo Wahyu Supriyatna, Komisioner KPU Jakarta Timur Sandra S. Taliki, Panitia Pengawas Pemilu (Panswaslu), Lurah Pekayon Nunuk Widyastuti, jajaran Polsek Pasar Rebo dan Danramil 03 Pasar Rebo.

Camat Pasar Rebo Wahyu Supriyatna mengatakan, peserta yang mengikuti kegiatan simulasi ini adalah anggota Kelompok Penyelenggara Pemilihan Suara (KPPS) se-Kecamatan Pasar Rebo.

"Tidak ada kendala dalam simulasi ini hanya saja pada saat rekapitulasi, penghitungan, pengisian form masih ragu ataupun kurang paham tapi masih bisa dimaklumi karena mereka masih baru," ujarnya.

Wahyu berharap, pelaksanaan Pilgub nantinya dapat berjalan lancar. “Penyelenggara bekerja secara maksimal, dan pemilih tidak ada yang golput. Saya juga menghimbau agar petugas KPPS menguasai aturan main, netral dan tidak ada kecurangan," ujar Wahyu.

Sementara itu, Lurah Pekayon Nunuk Widyastuti mengatakan, simulasi ini juga sekaligus memberikan bekal kepada para anggota KPPS, agar dalam pelaksanaan Pilgub tidak terjadi hambatan yang disebabkan oleh human error.

Menurut Nunuk, simulasi ini sebagai salah satu cara pendalaman materi Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) KPPS, sesuai PKPU No 10 tahun 2015, sehingga meminimalisir kesalahan teknis maupun non teknis pada saat hari pemilihan.

“Untuk di wilayah Pekayon sendiri nantinya akan tersebar 57 TPS," tukasnya.